BPR merupakan Bank Perkreditan Rakyat yang dimana keberadaannya saat ini memang masih belum seeksis bank umum konvensional lainnya. Tentunya jika bank konvensional, banyak orang yang telah fasih dengan nama-namanya. Tapi, lain halnya dengan Bank Perkreditan Rakyat atau BPR ini. Hal tersebut karena BPR sendiri pada umumnya diberikan kepada lembaga-lembaga yang berlokasi lebih dekat dengan tempat masyarakat yang sedang membutuhkan. Mungkin kebanyakan orang hanya tahu BPR sebagai bank yang memberikan sebuah kredit kepada nasabah. Namun sebenarnya, BPR pun dapat dipakai untuk menabung seperti yang dilakukan oleh intidana BPR. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh BPR ini tidak hanya mengenai memberikan kredit saja, namun juga menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dalam berbagai bentuk tabungan seperti deposito berjangka, tabungan, dan lain sebagainya.

Dan juga, BPR pun menyediakan sebuah pembiayaan serta penempatan dana yang berdasarkan dengan prinsip syariah dan uga menempatkan dana ke dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia atau yang disebut juga dengan SBI. Oleh karena itu, BPR tidaklah hanya melayani kredit saja namun juga melayani tabungan nasabahnya.. Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba untuk menabung di BPR karena BPR sendiri memiliki beberapa keuntungan jika menabung disana. Namun sebelumnya, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dalam lagi mengenai BPR. BPR sendiri merupakan sebuah bank yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional serta didasari oleh prinsip syariah yang berlaku dan tidak dikenai biaya jasa dalam transaksinya. Di BPR Anda dapat menabung dengan jumlah setoran yang kecil. Bahkan uang receh pun dapat Anda tabungkan juga di BPR. Menabungkan uang receh di Bank tentunya dapat meningkatkan manfaat dari uang receh tersebut, yang dimana nantinya bisa dibutuhkan sebagai alat transaksi di pasaran tradisional, atau di tempat-tempat yang lainnya. Lalu, apa saja manfaat lainnya dari menabung di BPR ini?

Suku bunga pada tabungan BPR juga sangatlah kompetitif serta menarik. Selain itu, untuk biaya administrasinya juga ringan hingga beberapa transaksi terbebas dari biaya admin. Serta saldo minimum di tabungan BPR juga rendah, dan Anda pun dapat menyetor uang meskipun jumlahnya sangat kecil. Dan juga, jaringan kantor BPR juga kini telah tersebar dari kota hingga ke desa-desa. Manfaat lainnya ialah tabungan di BPR bisa dipakai sebagai agunan kredit. BPR pun dapat melayani tabungan yang dikelolai secara berkelompok sebagai bagian dari pembiayaan. Petugas dari BPR juga dapat mendatangi Anda dengan nyalanya ditur melayani jemput bola. Sehingga Anda pun tidak perlu repot-repot lagi untuk mendatangi kantor BPR.

BPR juga menjamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yang tentunya dengan syarat serta ketentuan berlaku. Seluruh manfaat dari menabung di BPR tersebut pastinya dapat diperoleh asal Anda benar-benar ingin mencoba menabung di BPR. Saat Anda akan membuka tabungan di BPR, Anda nantinya hanya perlu datang ke BPR untuk selanjutnya mengajukan kredit kemudian membuka Tabungan Wajib ketika pencairan kreditnya telah disetujui. Tentunya dengan membuka tabungan di BPR Anda tidak perlu lagi khawatir untuk jumlah tabungan yang akan di setor karena dengan receh yang Anda miliki, Anda masih tetap bisa menabungkan uang tersebut di BPR. Selain itu, ketika pertama kali membuka tabungan di BPR, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ialah:
1. Menyerahkan fotocopy KTP
2. Mengisi formulir pembukaan rekening dan menandatanganinya
3. Memberikan setoran awal minimal Rp.10.000,- Lalu untuk setorang selanjutnya, sudah tidak ada batasan.